Aneka Promo Akhir Tahun hingga Pilkada Bakal Dongkrak Daya Beli
Keyakinan konsumen pada September 2024 turun. Namun, pilkada dan bonus akhir tahun diharapkan memberi sentimen positif.
JAKARTA, KOMPAS β Sebagian masyarakat kelas menengah cenderung lebih memilih mengalokasikan belanjanya pada momentum tertentu, seperti promo berupa potongan harga, yang mengindikasikan pelemahan daya beli. Namun, berbagai sentimen menjelang akhir tahun, seperti bonus akhir tahun, promo belanja daring, hingga pemilihan kepala daerah serentak, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian domestik.
Mengutip Hasil Survei Keyakinan Konsumen yang dirilis oleh Bank Indonesia pada September 2024, keyakinan masyarakat terhadap kondisi perekonomian turun. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2024 berada di level 123,5 atau lebih rendah dibandingkan periode Agustus yang sebesar 124,4 dan berada di bawah rerata IKK triwulan III-2024 yang sebesar 123,8.