Merunut Potensi, Tantangan, Regulasi, dan Strategi Nasional Ekonomi Digital di Indonesia
Ekonomi digital di Indonesia terus berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Potensi ekonomi digital tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia di masa depan. Regulasi dan strategi terus disiapkan pemerintah agar ekonomi digital bisa berkembang secara optimal.
Sejak tahun 2010, transformasi digital di Indonesia telah berkembang pesat. Tidak hanya hanya e-dagang (e-commerce) dan perusahaan transportasi online saja yang tumbuh, namun sektor-sektor lain seperti manufaktur, kesehatan, pendidikan, ritel, perhotelan, dan transportasi juga melakukan transformasi digital.
Revolusi digital tersebut telah mengubah cara produk dan jasa dikembangkan, diproduksi, dan dijual. Terlebih, dengan munculnya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu, banyak konsumen cenderung memilih belanja secara daring (online), sehingga akhirnya meningkatkan permintaan akan transaksi jarak jauh atau online serta solusi pembayaran yang lebih cepat dan aman.