logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บTren Pengaduan Konsumen...
Iklan

Tren Pengaduan Konsumen Meningkat Signifikan

Aduan terkait layanan jasa keuangan serta transportasi mendominasi pengaduan konsumen melalui Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tahun lalu. Faktor pengawasan dan literasi dinilai turut memicunya.

Oleh
Ayu Octavi Anjani
ยท 1 menit baca
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menggelar konferensi pers terkait refleksi pengendalian tembakau 2018 di Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).
SITA NURAZMI MAKHRUFAH UNTUK KOMPAS

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menggelar konferensi pers terkait refleksi pengendalian tembakau 2018 di Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS โ€” Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia mencatat jumlah pengaduan konsumen sepanjang tahun 2022 mencapai 882 aduan. Jumlah itu meningkat signifikan jika dibandingkan dua tahun sebelumnya. Layanan jasa keuangan, khususnya terkait pinjaman daring ilegal, mendominasi laporan pengaduan.

โ€Pengaduan konsumen di sektor layanan jasa keuangan masih sangat dominan, terlebih lagi pinjaman daring ilegal. Hal ini menandakan pengawasan yang dilakukan oleh regulator, baik itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Satuan Tugas (Satgas) Investasi, maupun institusi lainnya, belum efektif,โ€ ujar Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi dalam konferensi pers Refleksi Pengaduan 2022 di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan