logo Kompas.id
β€Ί
Politik & Hukumβ€ΊMayoritas Publik Belum...
Iklan

Mayoritas Publik Belum Tentukan Pilihan Kandidat, Apa yang Dilakukan Partai Politik?

Bagi partai, tantangan pilkada bukanlah pemilih yang belum tentukan pilihan, tetapi bagaimana hasilkan pemimpin mumpuni.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
Β· 1 menit baca
Pengendara melintasi bendera partai politik peserta Pemilu 2024 yang dipasang di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (1/1/2024).
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pengendara melintasi bendera partai politik peserta Pemilu 2024 yang dipasang di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (1/1/2024).

Empat bulan jelang pemilihan kepala daerah serentak 2024, mayoritas masyarakat di empat provinsi di Pulau Jawa belum menentukan pilihan kandidat yang akan dipilih pada pemungutan suara, 27 November nanti. Partai-partai politik yang tak kunjung memberikan kepastian soal bakal calon yang diusung ditengarai menjadi salah satu sebab tingginya angka pemilih yang belum menentukan pilihan politiknya tersebut.

Dari hasil survei Litbang Kompas pada Juni 2024 terlihat, persentase masyarakat yang belum memutuskan pilihan untuk pemilihan gubernur di Jawa Tengah mencapai 64 persen, terbesar dibandingkan dengan provinsi lain di Jawa. Disusul oleh Jawa Timur (51 persen), Jawa Barat (41 persen), dan Jakarta (30 persen).

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan