logo Kompas.id
Politik & HukumRaja Juli Antoni: Kami...
Iklan

Raja Juli Antoni: Kami Berusaha Lebih Cepat Merespons Aduan

Komplain masyarakat harus terhubung dengan ”key performance indicator” pegawai sehingga penentuan ”reward” atau ”punishment” juga ditentukan dari sejauh mana dan secepat apa mereka bisa menyelesaikan komplain.

Oleh
IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni
KOMPAS/IQBAL BASYARI

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni

Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2021 menunjukkan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menjadi instansi kedua terbanyak yang dilaporkan masyarakat ke lembaga itu. Adapun lembaga yang terbanyak diadukan ke Ombudsman ialah pemerintah daerah. Ada 811 laporan masyarakat yang mengadukan pelayanan di Kementerian ATR/BPN.

Sementara itu, dari sisi substansi laporan yang masuk ke Ombudsman, bidang agraria ada di urutan tertinggi dengan jumlah 1.227 laporan atau 17,08 persen dari semua laporan yang masuk.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan