logo Kompas.id
β€Ί
Metropolitanβ€ΊCepat Respons, Tuntas Kemudian
Iklan

Cepat Respons, Tuntas Kemudian

Kanal pelaporan masyarakat Jakarta berbasis digital dalam sistem Cepat Respons Masyarakat kini semakin efektif dan cepat. Namun, apakah kemajuan sistem membuat masyarakat puas pada pelayanan birokrat sejauh ini?

Oleh
ERIKA KURNIA
Β· 1 menit baca
Poster kanal pengaduan masyarakat Jakarta dalam sistem Cepat Respons Masyarakat atau CRM.
JAKARTA SMART CITY

Poster kanal pengaduan masyarakat Jakarta dalam sistem Cepat Respons Masyarakat atau CRM.

Warga Jakarta cukup beruntung karena bisa dengan mudah mengadukan setiap masalah publik yang mereka temui sehari-hari. Sejak beberapa tahun terakhir, Jakarta memiliki sistem Citizen Relation Management atau diberi nama lain Cepat Respons Masyarakat (CRM).

Sistem ini dikembangkan Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City (JSC), yang sejak 2014 hadir untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik di Jakarta. CRM melayani permintaan atau pengaduan layanan melalui 13 kanal resmi, baik tatap muka maupun dalam jaringan.

Editor:
NELI TRIANA
Bagikan