logo Kompas.id
InternasionalCloud-Kitchen, Ghost-Kitchen...
Iklan

Cloud-Kitchen, Ghost-Kitchen yang Memudahkan

Saat pandemi, inovasi bermunculan dari segala bidang, termasuk industri jasa boga. ”Cloud kitchen”, ”dark-kitchen”, atau ”ghost kitchen” makin luas penggunaannya di tengah pembatasan gerak warga di tengah pandemi Covid.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/RrKMamB1ECEMR-MHzi_6Erhq-rA=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F07%2F955d9420-c2aa-4b9a-ab58-5677ab431e68_jpg.jpg
Kompas/Yuniadhi Agung

Sejumlah ojek daring menunggu pesanan makanan di Pasar Santa, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2020). Kawasan Pasar Santa ini dalam beberapa tahun yang lalu sempat menjadi tempat singgah yang populer di kalangan remaja karena kios-kios kosong di pasar tersebut disewakan kembali dan berubah menjadi aneka kios yang menjual berbagai pernik kekinian yang menarik.

Pandemi Covid-19 mendisrupsi ritme hidup warga dunia. Namun, pada saat yang sama, bermunculan inovasi baru, termasuk pada industri boga. Untuk menikmati menu restoran, tak perlu bersusah payah melangkahkan kaki ke sana.

Ebb & Flow Group, sebuah perusahaan jasa boga di Singapura, cukup beruntung ketika mereka meluncurkan produk pertama mereka Wrap Bstrd sebelum Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global. Penganan yang pada dasarnya mirip kebab dengan topping yang pilihannya menyesuaikan preferensi konsumen, kini laris manis di kalangan anak-anak muda di Singapura.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan