PENDIDIKAN DASAR
Kejar Ketinggalan Literasi dan Numerasi Melalui Kompetisi
Target meningkatkan literasi dan numerasi anak Indonesia masih jauh dari harapan, tetapi bisa dikejar dengan kompetisi.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F10%2F26%2Fe1357da8-d976-47d3-8787-e589d5220843_jpg.jpg)
Anak-anak membaca buku yang dibawa motor layanan perpustakaan keliling Sudin Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) di SDN 04 Pondok Bambu, Jakarta, Rabu (26/10/2022).
JAKARTA, KOMPAS — Kemampuan literasi dan numerasi sejak dini menjadi hal dasar yang harus diupayakan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, target meningkatkan literasi dan numerasi anak Indonesia masih jauh dari harapan. Berbagai upaya dilakukan, seperti melalui kompetisi.
Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Praptono mengatakan, masih banyak yang harus dikerjakan dengan tuntas oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan numerasi pelajar di Indonesia.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 5 dengan judul "Kejar Ketinggalan Literasi dan Numerasi Melalui Kompetisi".
Baca Epaper Kompas