Pendidikan Tinggi Didorong Adopsi dan Integrasikan Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan terus berkembang dan diadopsi dalam pendidikan. Pemanfaatannya tetap dalam tujuan pendidikan.
JAKARTA, KOMPAS β Integrasi generative artificial inteligence atau GenAI di dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, didorong agar sesuai kebutuhan dan tujuan pendidikan. Teknologi baru kecerdasan buatan ini secara efektif dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, manajemen pendidikan, hingga peningkatan tata kelola di sektor pendidikan.
Namun, dorongan untuk terus meningkatkan integrasi GenAI di dunia pendidikan tinggi tersebut masih membutuhkan berbagai dialog atau diskusi di antara para pendidik, pemerintah, dan pemangku kepentingan pendidikan secara nasional dan regional. Sebab, pemanfaatan GenAI diakui memiliki banyak manfaat, tetapi juga dampak negatif yang mesti diwaspadai.