logo Kompas.id
โ€บ
Humanioraโ€บIntervensi Pendidikan Belum...
Iklan

Intervensi Pendidikan Belum Berfokus pada Peningkatan Mutu Guru

Kesenjangan mutu pendidikan antardaerah masih tinggi. Pemerintah daerah perlu bergeser orientasinya dari pembangunan fisik di pendidikan pada intervensi mutu secara holistik.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
ยท 1 menit baca
Sejumlah siswa di SDN 4 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/5/2023), memanfaatkan waktu istirahat untuk membaca buku di perpustakaan sekolah. Sekolah-sekolah di Lombok Utara mulai bangkit untuk membenahi kualitas pendidikan yang sempat tertekan akibat bencana gempa bumi dan Covid-19.
KOMPAS/ESTER LINCE NAPITUPULU

Sejumlah siswa di SDN 4 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/5/2023), memanfaatkan waktu istirahat untuk membaca buku di perpustakaan sekolah. Sekolah-sekolah di Lombok Utara mulai bangkit untuk membenahi kualitas pendidikan yang sempat tertekan akibat bencana gempa bumi dan Covid-19.

LOMBOK UTARA, KOMPAS โ€“ Peningkatan mutu pendidikan di daerah bergantung pada komitmen pemerintah daerah. Sayangnya, intervensi untuk perbaikan pendidikan lebih fokus pada pembangunan fisik dibandingkan peningkatan mutu guru maupun pembelajaran berpusat pada siswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga, Kabupaten Lombok Utara Adenan mengakui hal itu, saat menerima kunjungan tim Indonesian Overseas Alumni (IOA) yang mendukung peningkatan mutu guru di Lombok Utara, Nusa Tenggara, Selasa (16/5/2023).

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan