logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊVietnam Saja Sudah Bikin Merek...
Iklan

Vietnam Saja Sudah Bikin Merek Mobil Sendiri, Indonesia Bagaimana?

Indonesia sudah lama bermimpi punya mobil nasional produk dalam negeri.

Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
Β· 1 menit baca
CEO Vinfast Indonesia Temmy Wiradjaja (berdiri di panggung) mengumumkan harga mobil listrik buatan Vietnam itu saat <i>press day</i> GIIAS 2024, Rabu (17/7/2024). Untuk memenangi pasar, Vinfast mencoba metode baru, yakni memberikan opsi berlangganan baterai mobil listrik untuk dua produknya, yakni VF 5 dan VF e34.
KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD

CEO Vinfast Indonesia Temmy Wiradjaja (berdiri di panggung) mengumumkan harga mobil listrik buatan Vietnam itu saat press day GIIAS 2024, Rabu (17/7/2024). Untuk memenangi pasar, Vinfast mencoba metode baru, yakni memberikan opsi berlangganan baterai mobil listrik untuk dua produknya, yakni VF 5 dan VF e34.

Dari 55 merek mobil yang tampil dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024 pada 18-28 Juli lalu, pabrikan Jepang, diikuti China, Eropa, dan Korea Selatan, mendominasi. Namun, satu negara pendatang baru, yakni Vietnam, yang hadir dengan mobil merek Vinfast, menarik perhatian publik. Kehadirannya memberikan refleksi, Vietnam saja sudah bisa membuat mobil sendiri, Indonesia bagaimana?

Pameran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 jadi panggung kedua bagi Vinfast untuk menampilkan diri secara luas kepada publik Indonesia. Sebelumnya, debut Vinfast ada di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari lalu.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan