Jam Belajar Siswa yang Hilang Selama Pandemi Berdampak pada Produktivitas Ekonomi
Akibat penutupan sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19, siswa mengalami keterlambatan belajar kemampuan matematika dan bahasa. Dampaknya menurunnya capaian produktivitas dari potensi yang ada.
JAKARTA, KOMPAS ā Jam belajar siswa yang hilang selama periode pandemi Covid-19 pada 2020-2022 akibat penutupan sekolah berpotensi menghambat produktivitas ekonomi. Akibat jam belajar yang hilang itu, kemampuan siswa untuk mata pelajaran matematika dan bahasa melambat. Kelak, berkurangnya kemampuan terhadap dua mata pelajaran tersebut akan berpengaruh pada pendapatan siswa yang bersangkutan ketika masuk pasar kerja.
Hal tersebut menjadi salah satu temuan Bank Dunia lewat penelitian bertajuk āIndonesia Economic Prospect June 2023: The Invisible Toll of Covid-19 on Learningā yang dirilis pada Senin (26/6/2023) di Jakarta. Peluncuran hasil penelitian itu turut dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.