logo Kompas.id
Ekonomi”Mr Hu” dan Serangan Ganda...
Iklan

”Mr Hu” dan Serangan Ganda bagi UMKM

Belum usai bertahan dari gempuran imbas Covid-19, ”Mr Hu” datang. Pelaku UMKM dibayang-bayangi ancaman maraknya produk impor berharga lebih murah.

Oleh
CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/J4zVrb3WiTT-cbXN1DTL-Da44sM=/1024x497/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2Ff0824cf3-3765-405a-9f23-fea71a79f1db_jpg.jpg
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Tas wanita impor dipajang di salah satu toko di Pusat Perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS — Serangan ganda tengah melanda pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah, serta industri domestik. Di tengah perjuangan mempertahankan usaha yang terimbas pandemi, produk-produk impor murah menyerbu melalui perdagangan secara daring atau e-dagang.

Produk impor berharga kompetitif ini dapat mengancam pelaku usaha dan industri domestik, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, selain pengawasan dan penindakan, pemerintah diminta untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan daya saing produk lokal melalui pendekatan terintegrasi.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan