logo Kompas.id
โ€บ
Pendidikan & Kebudayaanโ€บPendampingan Orangtua...
Iklan

Pendampingan Orangtua Selamatkan Anak dari Penurunan Hasil Belajar

Riset awal di Bukittinggi dan Yogyakarta menunjukkan pandemi tidak menurunkan hasil pembelajaran siswa. Pendampingan orangtua menjadi faktor penting pendukungnya.

Oleh
ESTER LINCE NAPITUPULU
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/kE_JWBic9KiDGJwC8qbOdzLJ3qg=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F20200831_110408_1600391781.jpg
KOMPAS/MELATI MEWANGI

Seorang siswa SDN Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), 31 Agustus 2020. Dia menggunakan ponsel pintar untuk mencari jawaban dari tugas.

JAKARTA, KOMPAS โ€” Pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19  yang dikhawatirkan berdampak pada hasil pembelajaran siswa yang menurun atau learning loss bisa dicegah. Keterlibatan dan kemampuan  orangtua mendampingi anak-anak mereka saat belajar jarak jauh di rumah menjadi kunci untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran. Semakin baik pendidikan dan kondisi sosial ekonomi orangtua siswa, maka semakin mampu mengatasi tantangan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Peneliti  SMERU, Delbert Lim, mengatakan, dari temuan awal penelitian pandemi Covid-19 dan kemampuan siswa yang dilakukan di Kota Bukittinggi (Sumatera Barat) dan Kota Yogyakarta (DI Yogyakarta), kondisi belajar jarak jauh dari rumah bisa meningkatkan hasil pembelajaran.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan