logo Kompas.id
Kajian DataPercakapan Lebaran di Media...
Iklan

Percakapan Lebaran di Media Sosial: Kemenangan atas Pandemi?

Hiruk pikuk mudik sudah berlalu dan nuansa Lebaran berangsur memudar. Namun melalui pantauan media digital, Litbang "Kompas" mencerna kembali fenomena Lebaran 2022 yang sudah kembali normal.

Oleh
Yohanes Mega Hendarto
· 1 menit baca
Pemudik keluar dari kendaraanya saat menunggu feri penyeberangan di pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada puncak arus mudik Lebaran  (29/4/2022) pagi.
KOMPAS/PRIYOMBODO

Pemudik keluar dari kendaraanya saat menunggu feri penyeberangan di pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada puncak arus mudik Lebaran (29/4/2022) pagi.

Lebaran 2022 tahun ini seakan juga menjadi momentum perayaan hari kemenangan atas pandemi. Saat mudik, silaturahmi, dan wisata, masyarakat tampaknya tidak lagi memusingkan perkara protokol kesehatan. Apakah pandemi Covid-19 sudah benar-benar berakhir?

Litbang Kompas melakukan pemantauan aktivitas warganet di media sosial dan pemberitaan media digital melalui aplikasi Talkwalker selama empat hari (1-4 Mei 2022), atau H-1 hingga H+1 Lebaran. Hasilnya, terdapat 1.014.938 perbincangan warganet dari berbagai platform media sosial terkait ”lebaran” dan ”idul fitri”. Perbincangan terkait dua kata kunci itu telah menghasilkan interaksi sebanyak 9,9 juta pengguna media sosial dengan potensi keterjangkauan ke 319,8 miliar akun pengguna media sosial.

Editor:
ANDREAS YOGA PRASETYO
Bagikan