Kesulitan Integrasikan 27.000 Aplikasi, Pemerintah Fokus pada Sembilan Layanan Publik
Alih-alih mengintegrasikan 27.000 aplikasi, pemerintah akhirnya memilih memfokuskan INA Digital pada sembilan layanan.
JAKARTA, KOMPAS β Pemerintah mengakui bukan perkara mudah untuk mengintegrasikan lebih dari 27.000 aplikasi layanan publik ke dalam satu aplikasi super. Karena itu, pemerintah memutuskan untuk fokus memberikan sembilan layanan melalui aplikasi super yang disebut INA Digital. Selain administrasi kependudukan, aplikasi super buatan pemerintah itu juga akan memberikan informasi mengenai layanan pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial.
Keputusan untuk fokus pada sembilan layanan itu diambil lantaran Presiden Joko Widodo terus mendorong percepatan transformasi dan keterpaduan layanan digital untuk masyarakat. Dalam rapat tertutup yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (25/3/2024), Presiden bahkan meminta agar rencana penggunaan aplikasi super untuk layanan publik segera direalisasikan.