PANDEMI COVID-19
Siasat Wakil Rakyat Mendengar Suara Rakyat
Setahun pandemi Covid-19, berbagai kritik dan saran atas kebijakan pemerintah terus berseliweran. Di tengah keterbatasan ruang gerak akibat pandemi, anggota DPR mengoptimalkan medsos agar tetap bisa menyerap aspirasi.

Tim Nihayah Center sedang melakukan rapat rutin, Senin (8/3/2021), di Jakarta. Salah satu agenda yang dibahas dalam rapat tersebut adalah menindaklanjuti berbagai aspirasi masyarakat yang masuk melalui call center dan media sosial milik Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nihayatul Wafiroh.
Jarum jam telah menunjukkan pukul 23.15, Minggu (7/3/2021). Sebuah pesan masuk ke Facebook Messenger Nihayatul Wafiroh, Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Seorang dokter magang di salah satu rumah sakit di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadu, lebih dari 10 dokter belum mendapat insentif Covid-19 sesuai dengan janji Komite Internsip Dokter Indonesia dan Kementerian Kesehatan.
Dokter tersebut mengaku telah melaporkan masalah itu melalui lapor.go.id, wadah pengaduan online yang dikembangkan pemerintah. Namun, hasilnya nihil. Ia malah ”dilempar-lempar” ke Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, dan pemerintah daerah setempat.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 3 dengan judul "Siasat Wakil Rakyat Mendengar Suara Rakyat".
Baca Epaper Kompas