logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊPendidikan yang Tidak Merdeka
Iklan

Pendidikan yang Tidak Merdeka

Sistem pendidikan kita belum merdeka dari lingkaran setan pendidikan. Kebijakan masih membelenggu praktik pendidikan.

Oleh
AGUS RACHMAN
Β· 0 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/sdWAJTgIitTWa6mZZSNQpJIqv_s=/1024x575/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F01%2F28%2F7146a59c-7ac8-43fb-905a-faa61e757bb4_jpg.jpg

Kebijakan Merdeka Belajar pada kenyataannya tidak bisa memerdekaan praktik pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Praktik pendidikan masih terbelenggu dengan kebijakan atau kondisi yang berimbas pada materi dan proses pembelajaran, dan menghilangkan inti kebebasan penyelenggara pendidikan di dalam merumuskan, mengelola, menyelenggarakan, mengevaluasi, dan memperbaiki materi dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, lingkungan, dan masyarakat.

Kebijakan ini dikembangkan untuk memberikan kebebasan kepada para penyelenggara pendidikan, termasuk pendidik atau guru, dalam mengupayakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kompetensi dan karakter. Kebijakan ini memungkinkan penyelenggara pendidikan secara cepat dan langsung menyesuaikan implementasi kurikulum dengan kebutuhan peserta didik.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan