logo Kompas.id
β€Ί
Opiniβ€ΊMenuju Keterampilan...
Iklan

Menuju Keterampilan Fondasional Universal

Penguatan literasi dan numerasi sebagai keterampilan fondasional telah menjadi fokus kebijakan pendidikan, tetapi kurang ambisius. Ini harus diperkuat dengan menjadikan PAUD sebagai agenda prioritas nasional.

Oleh
IRSYAD ZAMJANI
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zCrOLBEvkAGElQ86AOeVr5BaAco=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2023%2F07%2F19%2F5c38e467-388a-4458-910b-3bc99a1df4f4_jpg.jpg

Sepanjang 2023, kelompok kerja pendidikan G20 di bawah presidensi India membahas empat agenda pendidikan global: penguatan literasi dan numerasi sebagai keterampilan fondasional, pembelajaran berbasis teknologi yang lebih inklusif dan berkualitas, penguatan belajar sepanjang hayat untuk mengantisipasi masa depan pekerjaan, dan penguatan riset dan inovasi melalui kolaborasi.

Tema pertama, penguatan literasi dan numerasi sebagai keterampilan fondasional, menjadi topik yang dibahas dalam pertemuan keempat atau terakhir dari kelompok kerja pendidikan G20 tahun ini. Berlangsung pada 19-22 Juni 2023 di Pune, Maharashtra, India, pertemuan ini secara khusus didahului oleh seminar bertema sama di mana penulis berkesempatan menjadi salah satu panelisnya dan dipungkasi dengan pertemuan para menteri pendidikan G20. Hal yang menandai derajat urgensi dari isu ini.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan