logo Kompas.id
Opini”Pasar Cemangking”, Siasat...
Iklan

”Pasar Cemangking”, Siasat Cerdas dan Solidaritas Kemanusiaan

Di Pasar Cemangking, siapa pun yang berminat terhadap karya seni rupa yang dipajang dan segera di-”cangking” atau dibawa. Ini semacam plesetan dari jargon ’cash and carry’ menjadi ’cash and cangking’.

Oleh
BUTET KARTAREDJASA
· 1 menit baca
ilustrasi
SUPRIYANTO

ilustrasi

Pandemi Covid-19 ternyata membawa berkah terselubung. Selalu ada siasat kreatif mengolah musibah. Ini seperti menegaskan pameo lama: semakin ditimpa tekanan, seniman malah menjadi cerdas menemukan jalan keluar. Semakin ditindas oleh situasi represif ia semakin inovatif dan kreatif.

Kecerdasan inovatif ini bernama ”Pasar Cemangking”. Sebuah siasat dan gaya pemasaran karya-karya seni rupa, khususnya lukisan, yang mengandung nilai-nilai edukasi dan kemanusiaan. Konsepnya win and win. Semua pihak dalam ekosistem seni lukis—pelukis senior maupun yunior, kolektor, kurator, event organisator, perajin pigura—diuntungkan secara elegan.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan