logo Kompas.id
›
Opini›Kemandirian Relatif Industri...
Iklan

Industri Media

Kemandirian Relatif Industri Media

Dalam rangka membangun kemandirian relatif penerbit terhadap platform digital dan mengikhtiarkan keberlanjutan media ke depan, penerbit juga perlu mewujudkan kemandirian data. Data pengguna adalah tiang utama periklanan.

Oleh
AGUS SUDIBYO
· 1 menit baca
https://assetd.kompas.id/jS0gYtWC6WFPeGtntqCVxyL6etQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2F20211215-Opini-Digital-2_1639572157.jpg
Kompas

Heryunanto

Transformasi digital adalah suatu keniscayaan. Tidak ada sektor yang dapat menghindar dari terpaannya. Semua pihak mesti mempersiapkan diri untuk menerima kebaikan sekaligus mengantisipasi keburukannya. Tanpa terkecuali dalam hal ini adalah sektor media. Para pengelola media di mana pun saat ini semakin sulit menghindari integrasi ke dalam ekosistem distribusi konten, data pengguna, dan periklanan yang dikendalikan platform digital global.

Persinggungan jurnalisme dengan teknologi penunjang distribusi konten, penambangan data, dan layanan periklanan yang dioperasikan platform digital sepertinya hanya soal waktu dan intensitas. Semua media massa akan mengalaminya, tanpa terkecuali media ternama dunia, seperti The New York Times, The Guardian, CNN, dan The Sun.

Editor:
Sri Hartati Samhadi, Yohanes Krisnawan
Bagikan

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 7 dengan judul "Kemandirian Relatif Industri Media".

Baca Epaper Kompas
Terjadi galat saat memproses permintaan.
Artikel Terkait
Belum ada artikel
Iklan
Memuat data...