MEDIA MASSA
Industri Media Butuh Adaptasi Digital dan Model Bisnis yang Tepat
Dengan manajemen dan model bisnis yang tepat, media massa tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat di tengah badai konten dari dunia maya.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2021%2F10%2F11%2Fbfe82aaf-e640-4b6e-8bb7-7ca514af3b28_jpg.jpg)
Rahmad (53) berjualan koran dengan berkeliling Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (10/10/2021). Menurut Rahmad, kini pembeli koran kian sedikit dan pendapatannya turun drastis. Perkembangan media digital kini menjadi tantangan bagi media konvensional seperti surat kabar, tabloid, dan majalah.
BANDUNG, KOMPAS — Industri media massa tidak akan mati hanya karena disrupsi digital. Dengan manajemen dan model bisnis yang tepat, media massa tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat di tengah badai konten dari dunia maya.
Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto menyatakan, mau tidak mau, media harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu alasannya adalah sebagian konsumen yang merupakan generasi milenial dan di bawahnya lebih akrab dengan akses digital dibandingkan produk fisik.