logo Kompas.id
InternasionalAustralia Menang Besar lewat...
Iklan

Australia Menang Besar lewat Kerja Sama Kepolisian Pasifik

Inisiatif itu menutup celah yang selama ini coba diisi China. Australia kembali menjadi kekuatan utama di kawasan.

Oleh
HELENA FRANSISCA NABABAN
· 0 menit baca
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (tengah) dan PM Tonga Siaosi Sovaleni  di sela KTT Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Rabu (28/8/2024), di Nuku'alofa, Tonga.
AP / CHARLOTTE GRAHAM-MCLAY

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (tengah) dan PM Tonga Siaosi Sovaleni di sela KTT Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Rabu (28/8/2024), di Nuku'alofa, Tonga.

NUKU’ALOFA, RABU — Australia mencatat kemenangan diplomatik besar di Kepulauan Pasifik. Anggota Forum Kepulauan Pasifik sepakat mendukung Inisiatif Kepolisian Pasifik dengan dukungan utama dari Australia. Inisiatif itu dianggap menyaingi China yang lebih dulu punya program serupa.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan mitranya di kawasan mengumumkan kesepakatan itu pada Rabu (28/8/2024). Albanese menyebut, program itu inisiatif Pasifik. Australia mendukungnya. ”Inisiatif kepolisian ini merupakan kelanjutan dari sejarah panjang kerja sama kepolisian Pasifik untuk memperkuat perdamaian dan keamanan regional serta saling mendukung saat dibutuhkan,” ujarnya sebagaimana dikutip The Sydney Morning Herald dan televisi ABC.

Editor:
KRIS MADA
Bagikan