logo Kompas.id
InternasionalPasar China Kompetitif,...
Iklan

Pasar China Kompetitif, "Pedagang TikTok" Incar Pasar AS dan Eropa

Pasar live-streaming di China mulai penuh dan kompetisi kian sengit. Demi memperluas pasar, para pedagang daring di China melebarkan sayap ke pasar di Amerika Serikat dan Eropa.

Oleh
LUKI AULIA
· 1 menit baca
Arsip - Dalam foto 5 Mei 2020 ini, selebritas online China Zhang Mofan (kanan) memperkenalkan mangga segar kepada klien dan penggemar online-nya melalui live-streaming di rumahnya di Beijing, China. Penjualan livestream, yang sudah populer di China, mulai populer di AS, menghadirkan cara baru bagi orang AS untuk berbelanja online.
AP/ANDY WONG

Arsip - Dalam foto 5 Mei 2020 ini, selebritas online China Zhang Mofan (kanan) memperkenalkan mangga segar kepada klien dan penggemar online-nya melalui live-streaming di rumahnya di Beijing, China. Penjualan livestream, yang sudah populer di China, mulai populer di AS, menghadirkan cara baru bagi orang AS untuk berbelanja online.

“Hari ini ada barang bagus. Jaket tebal dan bermerek. Cocok untuk musim dingin. Harga murah. Klik saja mau pilih yang mana. Jangan sampai salah kode ya,” celoteh seorang perempuan pemilik salah satu kios baju “impor ekspor” di Yabao Lu Russian Market, ibukota Beijing, China, Oktober 2022.

Ia berbicara tanpa putus semangat menawarkan dagangannya. Di depannya, terpasang ponsel pintar yang diletakkan di tengah-tengah lampu sorot LED khusus untuk live-streaming di TikTok atau Douyin dalam bahasa Mandarin. TikTok yang merupakan layanan hosting video berdurasi pendek dan milik perusahaan China, ByteDance, ini mengunggah video berdurasi 3-10 menit yang dikirimkan para pengguna.

Editor:
BONIFASIUS JOSIE SUSILO HARDIANTO
Bagikan