logo Kompas.id
Ilmu Pengetahuan & TeknologiGenerator Mikro-Nano Bubble...
Iklan

Generator Mikro-Nano Bubble Ozon untuk Cegah Tengkes

Teknologi ”micro-nano bubble” untuk melarutkan ozon ke dalam air digunakan untuk mencuci bahan baku makanan. Dengan pencucian itu, kandungan pestisida disebut berkurang 95 persen. DIharapkan, tengkes berkurang.

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/TB4yogJa3QMcF8weSYrp9tUu6_c=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F09%2F4fb450af-582c-41ca-bb05-a8f8f97af2e9_jpg.jpg
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Para buruh penggarap memanen daun lobak di lahan pertanian sayuran di Kemang Kiara, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang telah terkepung tembok perumahan baru, Rabu (15/9/2021). Para petani sayuran setempat kian mengalami penyempitan lahan bercocok tanam karena maraknya alih fungsi lahan di wilayah tersebut.

SEMARANG, KOMPAS — Peneliti dari Universitas Diponegoro, Semarang, mengembangkan Generator Mikro-Nano Bubble Ozon yang diklaim dapat mengurangi pestisida pada bahan makanan hingga 95 persen. Pengembangan alat itu menjadi bagian upaya panjang penanganan stunting atau tengkes di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip Muhammad Nur mengatakan, alat itu adalah pengembangan dari penelitian sejak lebih dari tiga tahun lalu. Sebelumnya, Center for Plasma Research (CPR) yang didirikan oleh Nur mengembangkan generator untuk memperpanjang masa simpan sayuran.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan