Navigator Berperan Jembatani Penyelenggaraan Layanan JKN
Navigator berperan penting untuk menjembatani kesenjangan antara penyelenggara program dan peserta JKN-KIS. Peningkatan kapasitas navigator dibutuhkan agar mereka bisa mendampingi peserta dengan baik.
JAKARTA, KOMPAS — Peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat masih menghadapi berbagai kendala ketika mengakses pelayanan kesehatan. Informasi yang tersedia juga masih terbatas. Karena itu, peran navigator menjadi penting untuk menjembatani kesenjangan antara penyelenggara program dan peserta pengguna manfaat.
Praktisi Kebijakan Publik dari Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja, dalam webinar laporan hasil penelitian ”Mengapa Dibutuhkan Navigator untuk Mengakses Manfaat JKN” di Jakarta, Rabu (9/6/2021), menyampaikan, pemerintah dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah berinisiatif menyediakan sistem pelayan dan pengaduan keluhan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Namun, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses layanan tersebut.