Iklan Politik di Media Sosial Memuat Ujaran Kebencian yang Menyasar Kelompok Rentan
Kelompok rentan menjadi target ujaran kebencian di medsos. Ini patut diantisipasi karena bisa memicu tindakan kekerasan.
JAKARTA, KOMPAS โ Ujaran kebencian yang menyasar kelompok rentan banyak berseliweran di media sosial pada momen pemilu. Bahkan, sejumlah iklan politik di medsos juga memuat narasi kebencian. Hal ini tak cuma menjadi stigma, tetapi juga berpotensi memicu tindakan kekerasan terhadap kelompok tertentu.
Laporan SAFEnet berjudul โKebebasan atau Kebencian? Akuntabilitas Platform Media Sosial dalam Penyebaran Ujaran Kebencian terhadap Kelompok Rentan di Pemilu 2024โ memaparkan ujaran kebencian di berbagai platform media sosial selama September 2023 hingga Februari 2024. Ujaran kebencian tersebut menargetkan kelompok rentan seperti perempuan; komunitas lesbian, gay, biseksual, transjender, interseksual, dan queer (LGBTIQ+); etnis Tionghoa; pengikut Syiah dan Ahmadiyah; masyarakat adat; kelompok disabilitas; dan Rohingya.