logo Kompas.id
HumanioraMasa Depan Media dengan Model ...
Iklan

Masa Depan Media dengan Model Bisnis Berlangganan

Kesuksesan media berita ”The New York Times” ataupun media lokal menumbuhkan harapan keberhasilan model berlangganan.

Oleh
REBIYYAH SALASAH, PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Sebuah ponsel dipegang dalam ilustrasi di depan gedung New York Times pada 6 September 2018 di New York, AS.
AFP/ANGELA WEISS

Sebuah ponsel dipegang dalam ilustrasi di depan gedung New York Times pada 6 September 2018 di New York, AS.

Puncak perayaan Hari Pers Nasional, Selasa (20/2/2024), di Jakarta, ditandai dengan pengumuman Presiden Joko Widodo yang telah menandatangani Peraturan Presiden tentang Publisher Rights, regulasi yang mengatur kerja sama penerbit media dengan platform digital. Publisher rights dianggap ikut membantu kesinambungan ekosistem media di tengah disrupsi teknologi digital. Di luar itu, model bisnis media berlangganan menjadi cerita sukses tersendiri.

Model bisnis berlangganan atau berbayar menjadi pilihan bagi media massa seiring disrupsi digital dan pandemi Covid-19. Kisah sukses puluhan media yang menerapkan model bisnis ini dapat menjadi inspirasi sekaligus harapan menjaga keberlanjutan media.

Editor:
KHAERUDIN
Bagikan