logo Kompas.id
Humaniora”Super Blue Moon”, Bulan...
Iklan

”Super Blue Moon”, Bulan Purnama yang Lebih Besar tetapi Tidak Berwarna Biru

Fenomena bulan super biru atau ”super blue moon” bisa diamati dari langit malam Indonesia pada 30-31 Agustus 2023. Meski polusi udara Jakarta mengganggu keindahan ketampakan bulan, fenomena jarang ini sayang dilewatkan.

Oleh
MUCHAMAD ZAID WAHYUDI
· 1 menit baca
Siluet patung kebebasan yang berada di puncak kubah US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, dengan latar belakang gerhana bulan istimewa <i>super blood wolf moon</i>, Minggu (20/1/2019).
AFP/BRENDAN SMIALOWSKI

Siluet patung kebebasan yang berada di puncak kubah US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, dengan latar belakang gerhana bulan istimewa super blood wolf moon, Minggu (20/1/2019).

Bulan hampir purnama yang terbit pada Rabu (30/8/2023) sejatinya mirip dengan purnama lainnya. Namun, purnama yang terjadi pada Rabu dan Kamis (31/8/2023) adalah super blue moon, bulan purnama super dan bulan biru. Meski namanya demikian, bulan tidak akan berwarna biru walau ukurannya bertambah sedikit besar.

Nama super blue moon mengacu pada dua peristiwa terkait bulan yang terjadi secara bersamaan, yaitu super moon atau bulan super dan blue moon atau bulan biru.

Editor:
EVY RACHMAWATI
Bagikan