Pilihan Belanja Daring Produk Nonmakanan Cenderung Dipengaruhi ”Influencer”
Faktor yang paling memengaruhi responden berbelanja ialah pemengaruh dan iklan media massa atau media sosial.
TANGERANG, KOMPAS — Konsumen yang lebih suka berbelanja daring, terutama belanja produk nonmakanan, mudah terpengaruh oleh pemengaruh atau influencer. Situasi ini menunjukkan para pemengaruh telah berhasil menciptakan koneksi yang tulus dengan konsumen.
Sesuai laporan survei kuantitatif Litbang Kompas bertajuk ”Perilaku Belanja Online Tahun 2024”, pada saat belanja daring untuk produk nonmakanan, faktor yang paling memengaruhi responden berbelanja ialah pemengaruh media sosial (56,4 persen), iklan media massa atau media sosial (41,7 persen), produsen atau penyelenggara jasa (36,1 persen), keluarga, teman, atau orang sekitar (22,6 persen), dan diri sendiri/tidak ada (18,5 persen).