logo Kompas.id
β€Ί
Ekonomiβ€ΊBeda Strategi, Pabrikan Jepang...
Iklan

Beda Strategi, Pabrikan Jepang soal Mobil Listrik

Pabrikan Jepang tertinggal dalam perlombaan produksi mobil listrik. Padahal, sebelumnya mereka raja otomotif dunia.

Oleh
BENEDIKTUS KRISNA YOGATAMA
Β· 1 menit baca
Menempuh 1.000 Km Lebih Bersama Mobil Listrik Toyota BZ4X dan Lexus RZ 450E
KOMPAS

Menempuh 1.000 Km Lebih Bersama Mobil Listrik Toyota BZ4X dan Lexus RZ 450E

Sudah sejak lama pabrikan asal Jepang merajai pasar otomotif dunia. Namun, kini di tengah tren meningkatnya permintaan mobil listrik, pabrikan asal Amerika Serikat, China, Eropa, dan Korea Selatan meluncur cepat dengan berbagai inovasi produknya. Mereka bersiap menggeser dominasi Jepang untuk jangka waktu ke depan.

Mengutip data Badan Energi Internasional (IEA), penjualan mobil listrik secara global pada 2023 mencapai 14 juta unit. Angka ini meningkat 3,5 juta unit atau 35 persen dibandingkan penjualan 2022. Dibandingkan 2018, penjualan mobil listrik pada 2023 itu meroket enam kali lebih tinggi.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan