Inovasi Bisnis
Identitas Nasional Ternyata Mahal
Swiss menjadi jaminan kualitas. Mereka pun menjaga nama dan identitas mereka dengan ketat. Identitas yang disertai dengan komitmen menjaga mutu memang mahal harganya.

Ilustrasi. Pemandangan pegunungan Alpen di Swiss, Sabtu (17/12/2022).
Penggemar cokelat Toblerone mungkin bakal merasa kehilangan. Merek cokelat batang asal Swiss itu terpaksa harus menanggalkan logonya berupa puncak gunung Matterhorn dan beruang Bernese. Matterhorn adalah gunung dengan ketinggian 4.478 meter di atas permukaan laut di negara itu. Pasalnya, produksi cokelat tersebut akan pindah dari Swiss ke Slovakia. Aturan Swiss sejak 2017 menyebutkan, simbol nasional tidak boleh digunakan untuk mempromosikan produk berbasis susu yang tidak dibuat secara eksklusif di Swiss.
Perubahan ini menjadi perbincangan di kalangan peminat pemasaran. Mereka menganalisis berbagai kemungkinan yang bakal terjadi dengan Toblerone, seperti soal logo baru, nasib Toblerone ke depan, hingga alasan yang menyebabkan pemilik merek tersebut, yaitu Mondelez, memilih pindah dari Swiss ke negara tetangganya.