E-Dagang
Peluang Bisnis Lokapasar Masih Besar
Membesarnya jumlah generasi muda yang mengakses internet dan arus urbanisasi merupakan peluang bagi lokapasar untuk tetap tumbuh.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2021%2F12%2F10%2F10d7370b-1ae9-4da1-a5bd-ee8eca07a381_jpg.jpg)
Ilustrasi warehouse JD.ID di kawasan pergudangan Marunda, Bekasi, Jawa Barat. Foto diambil Desember 2021.
JAKARTA, KOMPAS — Tutupnya sejumlah perusahaan penyedia lokapasar tidak lantas membuat bisnis e-dagang meredup. Masih terdapat peluang memperluas jejak perdagangan digital keluar kota metropolitan.
Principal di Kearney, Ishan Nahar, dalam pernyataan resmi yang dikutip pada Minggu (12/2/2023), di Jakarta, mengatakan, kota di luar metropolitan atau kota urban baru (tier 2-4 ) di Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 230 juta jiwa, jauh lebih besar daripada jumlah penduduk kota tier 1 yang hanya sekitar 40 juta jiwa. Populasi penduduk yang lebih besar akan dapat menciptakan basis pelanggan yang lebih luas bagi perusahaan teknologi e-dagang.