Lebih dari Separuh Masyarakat Memilih Belanja Daring Selama Ramadhan
Perkembangan teknologi mengubah perilaku masyarakat dalam berbelanja dan mengisi waktu selama bulan suci Ramadhan. Lebih dari separuh responden berencana membelanjakan uang THR-nya melalui kanal daring (e-dagang).
JAKARTA, KOMPAS β Lebih dari separuh jumlah masyarakat Indonesia berencana membelanjakan dana tunjangan hari raya dibandingkan menabungnya. Konsumen diperkirakan mulai belanja daring satu bulan sebelum Ramadhan dan meningkat pada satu pekan sebelum Idul Fitri.
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Trade Desk bersama lembaga riset YouGov terhadap lebih dari 2.000 penduduk Indonesia pada November 2022, sebanyak 88 persen masyarakat berencana berbelanja pada Ramadhan tahun ini. Lebih dari 53 persen masyarakat berencana membelanjakan dana tunjangan hari raya (THR) secara daring dibandingkan menabungkannya. Pakaian dan aksesori diprediksi menjadi produk yang paling banyak dibeli masyarakat, yakni mencapai 61 persen.