Konsumen Lebih Memilih Keandalan Jaringan Internet daripada Harga Layanan
Tarif rata-rata layanan internet di Indonesia dianggap sudah murah, tetapi keandalan infrastruktur jaringan masih diragukan konsumen.
JAKARTA, KOMPASโ โ โDalam memilih layanan internet yang ditawarkan operator telekomunikasi, konsumen lebih menekankan keandalan infrastruktur jaringan daripada harga layanan. Pemerintah diharapkan mampu mendorong setiap operator memperluas pembangunan infrastruktur sampai ke pelosok daerah dan selalu menjaga mutu layanan.
Berdasarkan pengaduan yang diterima oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), keluhan terkait telekomunikasi yang di dalamnya menyangkut layanan internet termasuk lima besar pengaduan terbanyak. Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyampaikan, 53,4 persen keluhan menyangkut keandalan infrastruktur jaringan. Misalnya, kecepatan lambat dan modem sering bermasalah.