Menjaga Deru Konsumsi Kelas Menengah
Kalangan masyarakat kelas menengah memiliki kemampuan dan kesediaan konsumsi lebih baik dibandingkan dengan kelas bawah yang berdaya beli rendah ataupun kalangan atas yang cenderung menahan belanja.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2022%2F01%2F20220102ags114_1641134013.jpg)
Aktivitas pengunjung mengelilingi sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan, Minggu (2/1/2022). Mobilitas penduduk meningkat seiring terkendalinya pandemi Covid-19, mendorong geliat perekonomian dan keyakinan konsumen.
Situasi Covid-19 di Indonesia masih cukup terkendali meskipun kewaspadaan perlu ditegakkan merespons merebaknya varian baru Omicron.
Sejalan dengan terkendalinya pandemi, konsumsi nasional mulai beranjak bangkit. Hal ini terefleksi pada kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen di pengujung 2021. Luar biasa karena Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2021 tercatat 118,3. Angka ini berada di atas level pra-pandemi pada Februari 2020 sebesar 117,7.
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 9 dengan judul "Menjaga Deru Konsumsi Kelas Menengah".
Baca Epaper Kompas