UMKM
Keragaman Saluran Penjualan Memengaruhi Pendapatan Usaha
Pemakaian aneka saluran penjualan barang/jasa, baik daring maupun luring, diyakini bakal saling melengkapi dan lebih menguntungkan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

UMKM binaan Grup Astra
JAKARTA, KOMPAS — Saat ini semakin banyak pilihan saluran penjualan barang/jasa secara daring maupun luring. Oleh karena itu, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah juga semakin bisa memperluas jangkauan ke konsumen. Hal ini juga akan berdampak ke perolehan pendapatan mereka.
Salah satu temuan menarik riset KoinWorks bertajuk Digital SME Confidence Index Report First Half 2021 menunjukkan, 46 persen dari 1.376 responden usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menggunakan saluran penjualan hibrid mengalami peningkatan penjualan 48 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya menggunakan satu saluran, yaitu berkisar 13 persen- 41 persen.