logo Kompas.id
โ€บ
Ekonomiโ€บPemilihan Anggota BPK Harus...
Iklan

Pemilihan Anggota BPK Harus Transparan

Proses pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan harus transparan dan profesional. Sebagai lembaga auditor negara, kriteria calon anggota BPK seharusnya jelas, yaitu punya kemampuan, berintegritas, dan tidak terpengaruh oleh tekanan politik.

Oleh
FERRY SANTOSO
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/rhApbaXq1CoGgdp0ZnnFsH0YQ_s=/1024x544/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20160412MYE01.jpg
Kompas/Yuniadhi Agung

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS โ€” Proses pemilihan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan harus dilakukan dengan transparan dan profesional. Sebagai lembaga auditor negara, calon anggota BPK seharusnya dipilih dengan kriteria yang jelas, yaitu memiliki kemampuan, berintegritas, dan tidak terpengaruh oleh tekanan politik.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, di Jakarta, Senin (26/8/2019), berpendapat, proses pemilihan calon anggota lembaga tinggi negara seharusnya bisa dilihat publik dan dilakukan dengan transparan. โ€Jadi, publik tidak menduga-duga seberapa besar kepentingan politiknya,โ€ kata Bhima.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan