Dibutuhkan Desain Peningkatan Kualitas Guru yang Inklusif
Peningkatan mutu guru untuk mendukung pendidikan berkualitas masih belum sepenuhnya dapat diwujudkan. Untuk itu, pendidikan guru yang inklusif, berkeadilan, dan non-diskriminatif dibutuhkan.
JAKARTA, KOMPAS β Kualitas guru masih jadi masalah krusial yang memengaruhi transformasi pendidikan yang bermutu. Untuk itu, peningkatan kualitas guru harus didukung dengan desain pendidikan dan pelatihan guru yang inklusif dan berkeadilan agar mampu mewujudkan sosok guru ideal guna menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter.
Ketua Dewan Pengawas Yayasan Penggerak Indonesia Cerdas, Dhitta Puti Sarasvati mengatakan, peningkatan mutu guru tak sekadar melalui pelatihan teknis praktik mengajar atau metode mengajar. Yang penting justru mendesain pendidikan guru yang berkualitas, mulai dari pendidikan calon guru, saat menjadi guru baru, hingga ketika sudah menjadi guru berpengalaman yang membutuhkan pengembangan profesional berkelanjutan.