Membawa Pola Pikir Bertumbuh ke Dalam Ruang Kelas
Seorang guru perlu memiliki pola pikir bertumbuh untuk mendorong siswanya dapat menjalani pembelajaran dengan nyaman, antusias, dan penuh keyakinan diri.
Dunia berubah di segala sendi kehidupan dengan cepat, bahkan tanpa diduga. Masa depan anak-anak yang berada di ruang-ruang kelas saat ini tidak lagi bisa diprediksi karena tuntutan keterampilan dan permintaan dunia kerja yang juga dinamis. Di sinilah paradigma pendidikan dan peran guru perlu diarahkan untuk mampu menyesuaikan di putaran mana seharusnya berperan.
Pendidikan tak lagi cukup memastikan anak-anak menguasai materi berbagai mata pelajaran, seperti matematika, sains, ataupun literasi/bahasa yang kesuksesannya menjadi salah satu parameter keberhasilan sistem pendidikan suatu negara. Sudah lewat masa untuk mengagung-agungkan kesuksesan akademik semata dalam pendidikan. Kini, sinergi dengan aspek nonakademik justru akan membuat sistem pendidikan menciptakan sosok generasi penerus bangsa yang memiliki keyakinan mampu bergerak maju menuju kehidupan yang lebih baik meskipun ada berbagai tantangan dan rintangan. Sebab, proses belajar, termasuk kesalahan/ kegagalan, menjadi bagian yang tak mematahkan semangat dan keyakinan untuk bisa melakukan yang terbaik sesuai kemampuan dan potensi diri.