Transformasi Pendidikan Masih Parsial, Inkonsisten, Terlalu Bertumpu pada Guru
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan tidak bisa hanya bertumpu pada guru semata. Lingkungan ekosistem pendidikan pun harus dibenahi.
JAKARTA, KOMPAS — Peningkatan kualitas guru melalui berbagai program selalu dilakukan oleh setiap menteri pendidikan. Akan tetapi, transformasi pendidikan tak bisa semata-mata menuntut guru berubah karena harus berjalan beriringan dengan standar-standar lain yang membuat ekosistem pendidikan berjalan dengan baik.
Dalam webinar bertajuk ”Akselerasi Peningkatan Kompetensi Guru melalui Program Guru Penggerak” yang digelar Tempo Media Grup, Senin (15/11/2021), Guru Besar Universitas Pendidikan Cecep Darmawan mengatakan, berbagai program untuk guru esensinya untuk transformasi pendidikan, yakni dengan konsep memberdayakan diri sendiri (self help) lalu memengaruhi atau berdampak pada ekosistem pendidikan.