logo Kompas.id
β€Ί
Artikel Opiniβ€ΊKeamanan Insani atau Ancaman...
Iklan

Keamanan Insani atau Ancaman Keamanan Manusia

Keamanan tidak hanya sebatas pada urusan menjaga batas-batas teritorial negara (kedaulatan nasional), tetapi juga harus menjamin, memenuhi, dan melindungi keamanan manusia/insani.

Oleh
AL ARAF
Β· 1 menit baca
-
Didie SW

-

Sudah hampir dua tahun lebih kita terancam oleh virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Varian demi varian dari virus itu terus berkembang dan berganti yang tentu menjadi kekhawatiran kita bersama. Serangan virus itu tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga merebak hampir di seluruh negara di dunia. Sejak wabah pendemi ini terjadi, kurang lebih terdapat lima juta orang meninggal akibat serangan virus tersebut.

Rasa kekhawatiran dan ketakutan akibat ancaman virus itu terus menghantui kita hingga kini. Dampak sosial dan ekonomi akibat Covid-19 terasa sekali di masyarakat. Banyak negara mengalami perlambatan ekonomi bahkan mengalami krisis ekonomi akibat serangan Covid-19 sehingga mengakibatkan tingginya angka pengangguran, banyak perusahaan yang gulung tikar, wilayah pariwisata yang mati karena sedikitnya pengunjung dan masalah lainnya. Berbagai negara akhirnya menerapkan berbagai kebijakan pembatasan untuk meredam laju penyebaran virus dan pada saat bersamaan membuat kebijakan pemulihan ekonomi.

Editor:
YOVITA ARIKA
Bagikan