logo Kompas.id
Utama”Lebih” yang Menimbulkan Salah...
Iklan

”Lebih” yang Menimbulkan Salah Persepsi

Agar antara informasi yang diterima dan informasi yang disampaikan sesuai, sebuah kalimat semestinya disajikan dengan baik dan efektif. Salah satu di antaranya adalah dengan menempatkan adjektiva ”lebih” secara tepat.

Oleh
Didik Durianto
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/pVm3nRy2_MWVkDXabyAnbSnCBok=/1024x497/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F20191129_154310-01_1575023377.jpeg
KOMPAS/SRI REJEKI

Penggunaan adjektiva ”lebih” yang tidak tepat dapat menimbulkan salah persepsi.

”Kadang repot. Foto lama dengan situasi baru kadang beda. Gedung ini sudah bertahan lebih 200 tahun.”

Kutipan pernyataan seorang kurator Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, itu sekilas tidak ada persoalan dari perspektif kegramatikalan. Pernyataan itu terkait gedung sekolah dokter Bumiputera.

Editor:
Sri Rejeki
Bagikan