logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊKaum Milenial Dominasi...
Iklan

Kaum Milenial Dominasi Investor Ritel

Investor dengan rentang usia 19-39 tahun mendominasi pasar surat utang ritel di Indonesia. Sejumlah kemudahan menumbuhkan minat berinvestasi generasi ini. Ada sejumlah alasan generasi ini memilih SBN ritel.

Oleh
KARINA ISNA IRAWAN
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/YYX_kYZf7vISgh9l6kmBOkv3zaM=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F10%2F61b3d111-343f-4e5c-afc6-3cf3b1d75fcb_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Penawaran investasi Obligasi Negara Ritel seri ORI 016 dari Mandiri Sekuritas, di Jakarta, Minggu (6/10/2019). Obligasi Negara Ritel merupakan salah satu instrumen surat berharga negara (SBN) yang ditawarkan pemerintah kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia melalui mitra distribusi di pasar perdana. Kupon obligasi negara ritel Indonesia (ORI) seri 016 ditetapkan 6,8 persen, ditawarkan hingga 24 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS β€” Porsi investor milenial mencapai 50-55 persen dalam setiap penerbitan surat berharga negara ritel sepanjang 2019. Ada sejumlah alasan generasi ini memilih SBN ritel, antara lain proses pembeliannya lebih mudah dan cepat, seluruh proses transaksi dilakukan secara daring melalui aplikasi, serta nilai minimum terjangkau.

Nilai minimum investasi SBN ritel sebesar Rp 1 juta dinilai terjangkau dan memberikan kesempatan bagi mereka yang baru memulai karier, belum mapan, dan dalam tahap coba-coba investasi. Selain itu, risiko gagal bayar dinilai kecil karena dijamin negara.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan