logo Kompas.id
β€Ί
Utamaβ€ΊIndonesia "Mengekspansi" Dunia...
Iklan

Indonesia "Mengekspansi" Dunia Melalui Aplikasi

Oleh
erika kurnia
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Jk5KKdcrwHw_9AfTMm-pKpLoVOI=/1024x666/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F07%2F20190723PRI8HR_1563872300.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Peta Jalan Usaha Rintisan menghiasi ruang gelaran Forum Pembangunan Indonesia 2019 (Indonesia Development Forum/IDF) di Jakarta Convention Center, di Jakarta, Selasa (23/7/2019). Forum dialog nasional tentang pembangunan ini mengangkat tema: "Mission Possible: Memanfaatkan peluang pekerjaan masa depan untuk mendorong pertumbuhan inklusif".

Sebuah laman perusahaan riset industri rintisan CB Insight terus memperbarui daftar perusahaan rintisan atau start-up teknologi berstatus unicorn di dunia. Agustus 2019, nama hampir 400 usaha rintisan di seluruh dunia terpajang di daftar tersebut. Empat di antaranya "berlabel" Indonesia.

Mereka adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak yang usianya belum sampai satu dekade. Bergerak di sektor layanan bisnis berbeda, mereka menunjukkan keperkasaan di antara dominasi usaha asing asal Amerika Serikat, China, Inggris, dan India.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan