Industri digital
Kemitraan dan Kolaborasi Jadi Kunci Keberlangsungan Bisnis di Era Digital
Di era digital, pelaku bisnis dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan model bisnis baru. Sebuah perusahaan tidak lagi hanya bisa fokus mengontrol sumber daya internal dalam rantai produksinya, tetapi juga harus mampu membangun ekosistem bisnis yang memungkinkan pelaku bisnis bisa melakukan orkestrasi atas berbagai sumber daya yang ada di luarnya.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F197c0489-679a-415a-80db-f15e23b9c703_jpg.jpg)
Praktisi bisnis Rhenald Kasali mempresentasikan buku berjudul MO: Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham di Rumah Perubahan, Bekasi, Selasa (13/8/2019).
BEKASI, KOMPAS — Di era digital, pelaku bisnis dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan model bisnis baru. Sebuah perusahaan tidak lagi hanya bisa fokus mengontrol sumber daya internal dalam rantai produksinya, tetapi juga harus mampu membangun ekosistem bisnis yang memungkinkan pelaku bisnis bisa melakukan orkestrasi atas berbagai sumber daya yang ada di luarnya.
Hal ini merupakan konsekuensi dari revolusi industri 4.0, dengan seluruh sumber daya baik manusia maupun mesin saling terhubung secara global. Demikian salah satu kesimpulan dari buku karya Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali dan tim berjudul #MO, yang diluncurkan pada Selasa (13/8/2019).