USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH
Tak Sekadar Dana, UMKM Juga Butuh Pelatihan

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi (kiri) dan Komisaris Utama PT PNM Agus Muharram (kedua dari kanan) menyiapkan kopi dalam gelar wicara "Strategi UMKM Membangun Brand" di Jakarta, Selasa (26/2/2019).
JAKARTA, KOMPAS – Aliran pendanaan dan pelatihan terus mendukung tumbuh kembang usaha mikro, kecil, dan menengah nusantara. Secara simultan, merek produk-produk unit usaha juga perlu diperkuat demi membangun loyalitas konsumen.
Salah satu penyalur modal bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah lembaga keuangan bukan bank yaitu PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Direktur Utama PNM Arief Mulyadi di Jakarta, Selasa (26/2/2019), mengatakan, kredit sebesar Rp 14,4 triliun disalurkan kepada 4,127 juta nasabah selama 2018. Kini sudah tersedia dua produk kredit PNM, yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM).
Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi di halaman 0 dengan judul "Tak Sekadar Dana, UMKM Juga Butuh Pelatihan".
Baca Epaper Kompas