15 tahun BRT di Indonesia (6)
Layanan Trans Semarang Terus Berkembang
Demam bus "Transjakarta" melanda kota-kota di Indonesia dalam 15 tahun terakhir. Pembangunan transportasi umum massa berbasis jalan atau bus (bus rapid transit/BRT) meskipun terus menuai pro kontra sejak awal beroperasi pada 15 Januari 2004 hingga kini, tetapi dinilai cukup berhasil di Jakarta.
Cakupan luas hingga 13 koridor utama dan ratusan rute pengembangan menjadikan Transjakarta alternatif menarik bagi warga ibu kota bermobilitas. Wajah ibu kota pun dinilai berubah menjadi makin baik.
/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2F474659_getattachmenteabc270f-9f99-484d-bee5-bd9d80ecb470466044.jpg)
Bus Pariwisata Semarang melintas di halaman Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, setelah diluncurkan Senin (2/10). Bus dua tingkat yang bisa diakses warga secara gratis tersebut diharapkan meningkatkan daya tarik pariwisata Kota Semarang. Semarang menjadi salah satu kota yang cukup baik perkembangan pembangunan angkutan umum massal berbasis bus (BRT).Kompas/Aditya Putra Perdana (DIT)02-10-2017