Ekonomi Digital
UMKM dalam Perjalanan E-dagang Asal Indonesia
Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global.
/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2018%2F01%2F19%2Fa23e3082-edac-4b4d-aac2-e0020f35c3ac_jpeg.jpg)
Pasar perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia diperkirakan semakin ramai oleh kehadiran laman baru Carousell. Skala usaha mereka beragam, mulai dari penyedia platform transaksi e-dagang di daerah hingga laman pemasaran dari perusahaan multinasional.
Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global. Tumbuh dan tumbang pun mewarnai jejak awal lokapasar asal Indonesia.
Pada 1997, forum negara industri maju G-7 untuk pertama kali mengangkat pentingnya teknologi informasi untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam seminar ”A Global Marketplace for Small and Medium Sized Enterprise” di Bonn, Jerman.