logo Kompas.id
โ€บ
Kajian Dataโ€บUMKM dalam Perjalanan E-dagang...
Iklan

UMKM dalam Perjalanan E-dagang Asal Indonesia

Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global.

Oleh
Arita Nugraheni
ยท 1 menit baca
Pasar perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia diperkirakan semakin ramai oleh kehadiran laman baru Carousell. Skala usaha mereka beragam, mulai dari penyedia platform transaksi e-dagang di daerah hingga laman pemasaran dari perusahaan multinasional.
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pasar perdagangan secara elektronik atau e-dagang di Indonesia diperkirakan semakin ramai oleh kehadiran laman baru Carousell. Skala usaha mereka beragam, mulai dari penyedia platform transaksi e-dagang di daerah hingga laman pemasaran dari perusahaan multinasional.

Upaya melibatkan pelaku usaha kecil dalam ekosistem digital muncul sejak dua dekade silam. E-dagang turut andil dalam menguatkan daya saing produk lokal dalam perdagangan global. Tumbuh dan tumbang pun mewarnai jejak awal lokapasar asal Indonesia.

Pada 1997, forum negara industri maju G-7 untuk pertama kali mengangkat pentingnya teknologi informasi untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam seminar โ€A Global Marketplace for Small and Medium Sized Enterpriseโ€ di Bonn, Jerman.

Editor:
YOHAN WAHYU
Bagikan