logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊMengapa Prioritas Pengeluaran ...
Iklan

Mengapa Prioritas Pengeluaran Kelas Menengah Indonesia Bergeser?

Minat terhadap perjalanan wisata tetap tumbuh di tengah menurunnya jumlah kelas menengah.

Oleh
ANTONIUS PURWANTO
Β· 1 menit baca
Mobil-mobil wisatawan yang memadati Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/9/2024).  Kepadatan ini sempat menimbulkan macet total selama 12 jam di kawasan Puncak pada Minggu (15/9/2024). Kemacetan tersebut berangsur terurai pada Senin (16/9/2024) siang setelah diberlakukan arus satu arah menuju Jakarta.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Mobil-mobil wisatawan yang memadati Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/9/2024). Kepadatan ini sempat menimbulkan macet total selama 12 jam di kawasan Puncak pada Minggu (15/9/2024). Kemacetan tersebut berangsur terurai pada Senin (16/9/2024) siang setelah diberlakukan arus satu arah menuju Jakarta.

Gaya hidup kelas menengah Indonesia bergeser seiring tekanan ekonomi yang menggerus daya beli. Di sisi lain, minat terhadap perjalanan wisata tetap tumbuh di tengah menurunnya jumlah kelas menengah.

Selama kelas menengah baik-baik saja, asumsi umum mengatakan bahwa kondisi Indonesia juga akan baik-baik saja. Namun, bagaimana jika kelas menengah Indonesia dalam keadaan tidak baik-baik saja serta tidak lagi berkembang dan justru turun jumlahnya?

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan